Berani Tampil Beda

Kalau Anda membuat blog di Blogger,penyedia platform gratis ini menawarkan sekitar 27 pilihan template standar.Sementara di WordPress pilihannya jauh lebih banyak lagi.Namun,Anda disarakan untuk tidak menggunakan salah satu dari template-template standar tersebut.Kenapa?

Coba ingat-ingat,ada berapa banyak blog di jagar internet saat ini?Jumlahnya mencapai jutaan.Bandingkan dengan jumlah template standar yang disediahkan Blogger maupun WordPress.Kesimpulannya,bila Anda menggunakan template standar yang disediahkan oleh kedua penyedia platform blog gratis tersebut,maka bisa dipastikan ada ratusan blog gratis memiliki tampilan sama dengan punya Anda.

Ya,menggunakan template standar membuat blog Anda terlihat sama dengan ratusan blog lain yang telah ada.Dengan demikian,kecil kemungkinan blog Anda akan diingat pengunjung.Karena itu,gunakankanlah template nonstandar.Dengan menggunakan template nonstandar,tampilan blog Anda tidak bakal disamai disamai blog lain.Kalaupun ada yang menyamai,jumlahnya tidak sebanyak jika Anda menggunakan template standar.

Ada banyak situs penyedia template (untuk Blogger) atau theme (untuk WordPress) nonstandar.Biasanya,situs-situs seperti itu menyediahkannya secara gratis.Anda bahkan tidak perlu mendaftarkan diri ke situs tersebut.Ambil contoh ZoomTemplate.com milik blogger kawakan Agus Ramadhani.Disini,Anda dapat memilih bermacam-macam jenis template tanpa dipungut bayaran sama sekali.

Pilihan lebih banyak dapat diperoleh di situs eBlogTemplates.com yang berbahasa Inggris.Beragam template,baik untuk pengguna Blogger maupun WordPress,disediahkan secara cuma-cuma.Anda tinggal melihat-lihat,memilih yang sesuai selera,kemudian mengunduh dan install ke blog Anda.Tidak ada pungutan sesen pun.

Biaya pembuatan template unik sangat bervariasi.Mulai dari termurah seharga $20 atau setara Rp.180.000,00 sampai ratusan dolar AS per desain.Biaya tergantung desain yang diinginkan dan tingkat eksklusivitas template.Semakin rumit desain dan eksklusif penggunaannya,biaya pembuatannya pun semakin mahal.

Langkah paling mudah dan murah untuk memperoleh template unik adalah dengan meng-customizies template yang sudah ada.Untuk itu,Anda terlebih dahulu harus menguasai bahasa pemograman dasar seperti CSS , HTML , XHTML , PHP,kode javascript,serta sedikit sentuhan seni grafis.Kalau mau meng-customize template Blogger,misalnya,maka dibutukan penguasaan bahasa HTML dan CSS.

Belum bisa bahasa-bahasa pemrograman tersebut?Tenang,panduannya tersediah banyak di internet.Tinggal cari saja situs atau forumnya di Google.Asal Anda tekun dan rajin mencoba,tak butuh waktu lama untuk mengerti CSS , PHP , apalagi HTML yang sedikit lebih mudah dicerna.

Sumber : Buku 7 LANGKAH MUDAH MENCARI UANG lewat BLOG ciptaan Eko Nurhuda.
shareInvisible

1 comments:

Unknown said...

Sangat bermanfaat

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Breaking new All Rights Reserved.